Header Ads

ad

DPT Deliserdang Jumlah Pemilih Menurun, Jumlah TPS Bertambah


Deliserdang ( Prospek News )
  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang Tahun 2018 sebanyak 1.165.765 pemilih. Jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 4.778 pemilih bila dibandingkan dengan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang mencapai 1.170.543 pemilih.

Koordinator Divisi Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat KPU Deliserdang Boby Indra Prayoga pada Jumat (20/4) menerangkan jika pihaknya sudah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang Tahun 2018 pada Kamis (19/4) sore hingga malam di Aula KPU Kabupaten Deliserdang.
Rapat pleno ini dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Deliserdang Timo Dahlia Daulay didampingi komisioner lainnya yaitu Arifin Sihombing, Boby Indra Prayoga, Rajuddin Batubara serta Seketaris M.Abduh.
Rapat pleno ini dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 22 Kecamatan se Kabupaten Deliserdang,Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Deliserdang, Panitia Pengawas Kecamatan (Pawascam) dari 22 Kecamatan Kabupaten Deliserdang, perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Deliserdang dan TNI/Polri.
Dalam rapat pleno ini, lanjut Boby, PPK membacakan hasil rapat pleno DPS Hasil Perbaikan (DPS HP). Selain itu juga dilakukan uji petik pemilih  secara acak sesuai dengan usulan Pawascam. "Jumlah DPT Deliserdang untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang Tahun 2018 sebanyak 1.165.765 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 579.625 pemilih sementara pemilih perempuan sebanyak 586.140. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 3.379 TPS," ujar Boby.
Menurut Boby, jumlah pemilih dalam DPT mengalami penurunan sebanyak 4.478 pemilih dibandingkan jumlah pemilih dalam DPS yang mencapai 1.170.543 pemilih. "Penurunan jumlah pemilih pada DPT karena adanya pengurangan pemilih ganda. Sementara jumlah TPS bertambah satu yaitu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lubuk Pakam dengan jumlah pemilih 116 pemilih. Saat ini kita persiapan untuk rapat pleno DPT di KPU Provinsi Sumatera Utara," sebut Boby.

Sementara itu berdasarkan Berita Acara KPU Deliserdang No : 168/PL.03.1-BA/1207/KPU-Kab/IV/2018 tentang rekapitulasi DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang Tahun 2018 jumlah pemilih terbanya di Kecamatan Percut Sei Tuan dengan 229.979 pemilih terbagi di 581 TPS. Sedangkan untuk pemilih paling sedikit di Kecamatan Gunung Meriah dengan 1.796 pemilih terbagi di 12 TPS. ( Kbl )

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda