Header Ads

ad

Bupati Sergai Hadiri Peresmian Kantor PT Bina Pertiwi Perwakilan Tebing Tinggi

Prospeknews.com, Serdang Bedagai - Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir.H.Soekirman, menghadiri peresmian kantor PT Bina Pertiwi perwakilan Tebing Tinggi, diJalan Medan Tebing Tinggi Km 9 Dusun 15 Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban, Kamis (27/9).

Acara tersebut dibuka dengan ditandai pemukulan gondang dan pemberian ulos.

Hadir dalam acara itu,Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Sergai H. Darma Wijaya, Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Mkhsin, S.Ag, Muspika kecamatan, Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA, Presiden Direktur PT. Bina Pertiwi Rusli Surya beserta jajaran, Presiden PT Kubota Machinery Indonesia Mr. Hisakazu  Kitanobo, Subdealer PT Capella Medan Luan Sie,  Badrun Radhi dari PT United Tractors Medan, perwakilan OPD, Camat Sei Bamban, perwakilan dari Perbankan, Kades, tokoh masyarakat, para pengusaha dari Sergai maupun luar Sergai, kelompok tani dari Sergai maupun luar Sergai , pelaku usaha, serta masyarakat Sergai.

Bupati Sergai, Ir.H.Soekirman dalam sambutannya mengajak bersyukur pada Tuhan YME  karena pemerintah  mendapat partner perusahaan yg menyediakan alat-alat kerja bagi para petani. Soekirman menjelaskan bahwa PT Bina Pertiwi telah melakukan suvey dan merupakan hal yang tepat karena mendirikannya di tengah area pertanian.

Pemkab Sergai sangat menyambut baik dan mendukung adanya perusahaan ini karena Sergai menjadi lokasi branch office di Sumut dan berharap semoga para petani semakin cerdas dalam menggunakan alsintan.

Diinformasikan kembali oleh Bupati bahwa kebutuhan akan bahan bakar untuk alsintan 3,7 liter pertahun, jadi tdk menggunakan tenaga hewan maupun manusia secara manual. Pertamina selaku pemasok bahan bakar belum menyediakan SPBU khusus bagi para petani, akibatnya para petani sering kucing-kucingan dalam membeli BBM apalagi saat terjadi kelangkaan BBM.

"Hal ini dirasa kurang adil karena sulitnya bbm, Pemkab Sergai telah menyurati Presiden untuk persoalan bbm tersebut, namun yang telah diwujudkan masih SPBU untuk nelayan saja", ujarnya.

Bupati juga mengajak perusahaan besar seperti Kubota dan Bina Pertiwi untuk menyuarakan agar nasib petani dan nelayan diperhatikan khususnya dalam hal penyediaan BBM untuk penggunaan alsintan.

Soekirman menjelaskan terkait adanya sungai di Sergai, dahulu orang-orang menyebrang dengan getek yang diikat tali. Dengan adanya kemajuan jaman dibangunlah jembatan, maka orang tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk melintasi sungai. Dengan kemajuan teknologi juga dapat mempermudah pekerjaan seseorang.

Hal ini terlihat sekali dalam kelanjutan pertanian, adanya alsintan dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan para petani disawah. Produksi pertanian di Sergai mampu menyumbang PDRB untuk Sumut yang paling utama beras sebesar 40%.

"Masuknya alsintan hari ini harus dibarengi dengan adanya penasehat teknis apakah umur teknologinya bisa terukur, dengan demikian harus didukung oleh tenaga2 ahli, kemudian agar  didaftarkan menjadi penyuluh swasta di Kabupatem Sergai sehingga SDM petani Sergai semakin bagus",ujarnya lagi.

Bupati Soekirman juga mengucapkan terimakasih serta memberi apresiasi atas diresmikannya kantor perwakilan PT. Bina Pertiwi ini, semoga akan menjadi partner yang dapat memajukan produksi pertanian di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,tandasnya.

Sambutan Presiden Direktur PT Bina Pertiwi, Rusli Aurya, mengatakan, Sanak perusahaan PT United Tractors (Astra Internasional Group) telah memiliki 4 pilar bisnis utama yaitu Agriculture, Material Handling, Power &Energi dan Construction Machinary.  

Sambutan Presiden Direktur Kubota Indonesia Mr.Hisakazu Kitanobo  mengucapkan terima kakasih kepda undangan yang telah hadir, "saya selaku presdir yang baru dan telah bekerja di Indonesi sejak bulan agustus lalu. PT Bina Pertiwi dan Kubota bekerja sama sejak tahun 1970. Pada awalnya sasaran pasar utamanya adalah perkebunan kelapa sawit. Saat ini kami terus bekerja keras untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan lewat alsintan tersebut",ujarnya.    

Sebagai pemahaman Kubota didirikan tahun 2012 di indonesia dengan sasaran alsintan untuk lahan kering dan basah. Melalui perusahaan ini Hisakazu Kitanobo ingin memberikan kontribusi kepada petani dan masyarakat agar lebih berbahagia dalam meningkatkan pertaniannya. Dia juga percaya bahwa cabang baru di Sergai dapat meningkatkan pertanian di Sumut.(Aripin)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda