Header Ads

ad

Pakaian Melayu Bagi ASN Sergai Usulan GAMI

Prospeknews.com,Serdang Bedagai –Pakaian adat Melayu yang dipakai setiap satu bulan sekali oleh seluruh Aparatur Sipil Negara ( ASN ) di jajaran Pemkab Sergai, merupakan usulan dari Gerakan Angkatan Muda Melayu Indonesia ( GAMI ) Sergai.


Hal itu disampaikan Bupati Sergai,Ir.H.Soekirman yang bergelar  sebagai Datuk Setia Amar Negeri, dihadapan Pengurus GAMI Sergai saat beraudiensi di ruangan Kantor Bupati Sergai di  Sei Rampah, Jumat ( 12/10 ).

Bupati Soekirman juga menuturkan di hadapan para pengurus GAMI Sergai bahwa usulan tersebut di sampaikan GAMI Sergai beberapa bulan lalu di Istana Mini Reflika saat warga Melayu Malaysia datang berkunjung ke Sergai.

Terkait soal pakaian melayu tersebut Bupati juga menjelaskan bahwa Pemkab Sergai telah melestarikan budaya Melayu, bahkan sudah membuat  Peraturan Bupati ( Perbup ) Nomor 63 Tahun 2017, tentang  pakaian  dinas ASN dan Tenaga Kontrak di lingkungan Pemkab Sergai.  

Bupati berharap bahwa penggunaan pakaian adat Melayu ini dapat didukung oleh berbagai elemen masyarakat Melayu dan bahkan nantinya pakaian ini bisa diterapkan  kepada seluruh siswa di Kabupaten Sergai ini.

Untuk itu perlu ditingkatkan Perbup ini menjadi Perda ( peraturan daerah ) sehingga bisa diterapkan bagi seluruh warga dan menjadi salah satu ciri khas daerah Serdang Bedagai nantinya.
Saat ini perlu kerja sama antara Pemkab Sergai dengan elemen masyarakat Melayu dan GAMI alam melestarikan “Kampung Melayu” namun, kata Bupati , sekarang ini sulit mencari dimana tempat dan kampung melayu tersebut.

Didalam kampung Melayu itu terdapat masyarakat yang masih melaksanakan aktivitas yang menampilkan budaya Melayu, baik dari segi tempat tinggal, makanan , tata bicara, pakaian , hingga kegiatan olah raga dan permainan anak anak juga tari tarian ada di Kampung Melayu itu.

Unjtuk itu mari sama sama kita melestarikannya baik GAMI, MABMI, maupun masyarakat Melayu , agar adat Melayu tidak hilang ditelan Bumi, ajak Bupati.

Sementara itu  Ketua GAMI Sergai Syafrizul Herlach yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang informasi dan publikasi Zuhari yang didampingi Emda Pratama( wakil ketua Bidang Pengembangan 
Seni Budaya Melayu ), Khairul Zamal ( Sekretaris GAMI Sergai ), mengucapkan terimakasihnya dan mengapresiasi yang cukup tinggi kepada Pemkab Sergai terkhusus Bupati H.Soekirman dan wabup H.Darma Wijaya, yang telah membudayakan pakaian adat Melayu bagi seluruh ASN setiap sekali dalam sebulan.
 
Hadir dalam acara audiensi tersebut, Bupati sergai, Ir.H.soekirman, Kakan Ksebang Linmas Sergai Drs.Purba Siegar, Kabag Kesra Sergai Sudarno,S.Sos, serta para pengurus GAMI Sergai. ( Aripin ).

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda